Wednesday, January 14, 2009

Solat Tanpa Qiam

Salam
bolehkah seseorang yang bermazhab syafie bersolat tanpa qiam?

Wassalam
_________________

Salam

Telah sabit dari al-Quran, sunnah dan ijma' bhw hukum qiam atau berdiri dalam solat fardhu adalah wajib. Adapun utk solat sunat, tidak wajib. Berikut saya lampirkan petikan feqhussunnah.

---------

3. BERDIRI PADA SHALAT FARDHU.

Hukumnya wajib berdasarkan Kitab, Sunnah dan Ijma’ bagi orang yang kuasa.

Firman Allah Ta’ala:
Artinya:
“Peliharalah shalat itu, begitu pun shalat ‘Ashar, dan berdirilah di hadapan Allah dengan khusyuk dan merendahkan din!

Dan dari ‘Imran bin Hushain, katanya:
Artinya:
“Saya kena sakit bawasir, maka saya tanyakanlah kepada Nabi saw. mengenai shalat. Maka ujarnya: “Shalatlah dengan berdiri, jika tidak kuasa, maka sementara duduk, dan jika juga tidak kuasa, maka dengan berbaring!” (H.r. Bukhari)

Dan mengenai soal ini, para ulama sama sekata, sebagaimana mereka sekata pula atas sunatnya merenggangkan telapak kaki sewaktu berdiri itu.



Berdiri di waktu shalat sunat.
Mengenai shalat sunat, boleh dilakukan sementara duduk, walaupun seseorang itu kuasa berdiri. Hanya pahala orang yang berdiri lebih sempurna dari pahala orang yang duduk. Diterima dari Abdullah bin Umar r.a.:
Artinya:
“Disampaikan berita kepadaku bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Shalat seseorang sementara duduk, sama nilainya dengan separoh shalat.” (H.r. Bukhari dan Muslim).



Tak kuasa berdiri pada shalat fardhu.
Orang yang tak kuasa berdiri pada shalat fardhu, hendaklah ia shalat menurut kemampuannya. Dan Allah tidaklah akan membebani diri kecuali sekedar kemampuannya, dan orang itu tetap akan beroleh ganjaran penuh tanpa kurang sedikit pun.

Dan Abu Musa bahwa Nabi saw. bersabda:
Artinya:
“BiIa seseorang hamba sakit atau dalam perjalanan, maka Allah akan mencatat pahala amalannya sebesar apa yang dikerjakannya sewaktu lagi sehat dan mukim.” (H.r. Bukhari).

0061. Fiqh Sunnah ( Kaifiat Solat : Fardhu Solat - Berdiri Pada Solat Fardhu)

-------

sekian. WA.

Wassalam

0 comments:

Post a Comment